Pohon Hayat, Logo IKN Nusantara Diluncurkan

Pohon Hayat, Logo IKN Nusantara Diluncurkan
Logo IKN Nusantara diluncurkan (ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY)

VOTNews.com – Logo Pohon Hayat dipilih sebagai logo ibu kota negara (IKN) Nusantara. Bagaimana bentuk dan apa filosofinya?

Peluncuran logo IKN Nusantara diumumkan oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (30/5/2023). Acara itu dihadiri Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Seskab Pramono Anung, Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri ATR hadi Tjahjanto, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Mendagri Tito Karnavian, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono, hingga Wishnutama.

“Logo yang terpilih bertema pohon hayat yang didesain oleh Mas Aulia Akbar,” ujar Jokowi.

Logo itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap logo Pohon Hayat itu menciptakan kehidupan baru bagi semua masyarakat.

Bacaan Lainnya

“Pohon hayat ini adalah pohon kehidupan. Pohon kehidupan dan kita semuanya berharap logo Pohon Hayat ini akan menginspirasi IKN untuk menciptakan tempat kehidupan baru bagi kita semuanya, yang menjadi sumber kehidupan bagi seluruh masyarakat Indonesia nantinya,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan filosofi Pohon Hayat juga sejalan dengan pembangunan proyek IKN. Tema Pohon Hayat itu selaras dengan spirit menumbuhkan rasa bangga Indonesia.

“Logo Pohon Hayat juga memiliki filosofi yang sejalan dengan semangat pembangunan IKN, menumbuhkan rasa bangga dengan jati diri bangsa sebagai negara besar, sebagai bangsa yang besar, bangsa yang majemuk dan menggugah kesadaran masyarakat untuk menjaga alam dan juga lingkungan beserta ekosistemnya,” ujar Jokowi.

“Dan juga memperkuat ikhtiar usaha kita bersama untuk berkontribusi bagi percepatan pembangunan ibu kota Nusantara kita, ibu kota masa depan Indonesia,” Jokowi menambahkan.

Jokowi mengatakan Indonesia bakal mempunyai dua kota besar seperti negara maju di dunia. Jokowi ingin Indonesia menjadi negara besar.

“Jadi ada New York, ada Washington DC, ada Sydney, ada Canberra. ada di sini Jakarta ada di sana Nusantara. Jadi ini negara besar, negara besar, bangsa besar,” ujar Jokowi.

Lebih dari 500 desainer IKN ikut serta dalam open call dan terpilih 10 desainer untuk mengikuti proses pendesainan logo IKN Nusantara. Dari 10 logo, presiden memilih lima logo terbaik yang kemudian dilakukan voting oleh masyarakat. Voting online dilakukan 4 April hingga 20 Mei 2023.

Sekitar 60% voters berasal dari Pulau Jawa, sedangkan sisanya dari pulau lain. Sebanyak 16 ribu masyarakat Kalimantan Timur juga berpartisipasi dalam voting logo IKN. Dari seluruh vote yang masuk telah terpilih satu logo yang mendapatkan 133.069 vote atau sekitar 26.6%.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *