Survei Terbaru Pilpres 2024: Ganjar Vs Prabowo Vs Anies

Survei Terbaru Pilpres 2024
Foto: Ilustrasi Anies Baswedan (kiri), Prabowo Subianto (tengah), dan Ganjar Pranowo (kanan). (Edward Ricardo/CNBC Indonesia)

VOTNews.com – Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terbaru di Jatim terkait elektabilitas bacapres-bacawapres yang sudah mendaftar di KPU. Hasilnya Prabowo-Subianto-Gibran Rakabuming Raka teratas. “Hasil survei ARCI, elektabilktas Prabowo-Gibran teratas di Jawa Timur,” kata Direktur ARCI Baihaki Sirajt di Surabaya, Jawa Timur, seperti dikutip Senin (6/11/2023).

Menurut survei ARCI, elektabilitas Prabowo-Gibran di angka 40,1%. Kemudian disusul Ganjar Pranowo-Mahfud Md 35,9%. Dan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di angka 22,2%.

“Sebanyak 1,8% responden belum menentukan pilihan,” tambah Baihaki.

Sementara dalam simulasi Pilpres dua nama, Prabowo-Gibran unggul atas Ganjar-Mahfud. Prabowo-Gibran juga tetap unggul jika berhadapan dengan Anies-Muhaimin.

Bacaan Lainnya

Elektabilitas Prabowo-Gibran di angka 57,2% ketika head to head lawan Ganjar-Mahfud yang meraih angka 39,4%. Belum menjawab sebanyak 3,4%.

Sementara elektabilitas Prabowo-Gibran di angka 53,7% ketika head to head lawan Anies-Muhaimin 37,5%. Belum menjawab sebanyak 8,8%.

Lalu jika Ganjar-Mahfud melawan AMIN, maka Ganjar-Mahfud unggul di Jatim. Elektabilitas Ganjar-Mahfud 42,9%, sementara AMIN di angka 40,2%. Yang belum menjawab sebanyak 16,9%.

Baihaki menjelaskan elektabilitas Prabowo-Gibran relatif menguat jika putaran kedua melawan Ganjar-Mahfud MD.

“Jika lawan Ganjar-Mahfud, elektabilitas Prabowo-Gibran makin menguat. Kalau lawan Anies-Cak Imin, elektabilitas Prabowo menguat, tapi tidak setinggi jika lawan Ganjar-Mahfud,” jelasnya.

“Suara basis-basis NU cukup kuat di pasangan AMIN,” tambahnya.

Survei ARCI dilakukan pada 22-27 Oktober 2023. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 1.200 responden yang tersebar proporsional di 38 kabupaten/kota Jatim. Survei ARCI memiliki margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *