Cegah Antrean Saat Mudik, YLKI Minta Ketersediaan Toilet di Rest Area Diperbanyak

Cegah Antrean Saat Mudik
Ilustrasi mudik - Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi berharap pemerintah dan otoritas terkait turut menaruh perhatian terhadap ketersediaan fasilitas umum seperti toilet di lokasi-lokasi rest area pada jalur lintas mudik.

VOTNews.com – Ketua Pengurus Harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), Tulus Abadi berharap pemerintah dan otoritas terkait turut menaruh perhatian terhadap ketersediaan fasilitas umum seperti toilet di lokasi-lokasi rest area pada jalur lintas mudik.

Mengingat kata Tulus, beda waktu antara perempuan dan laki-laki menghabiskan waktu di toilet sangat berbeda.

Sehingga ketersediaan toilet yang banyak akan turut memperlancar mobilisasi kendaraan di kawasan rest area.

“Salah satu poin yang harus kita waspadai adalah adanya toilet diperbanyak khususnya toilet untuk perempuan. Karena kalau perempuan ini kan kalau ke toilet birokrasinya lama,” kata Tulus dalam diskusi daring Polemik Trijaya bertajuk ‘Nanti Kita Cerita Tentang Mudik Hari ini’ pada Sabtu (15/4/2023).

Bacaan Lainnya

Terlebih juga PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengimbau para pemudik yang singgah di rest area hanya sampai 30 menit saja.

Cegah Antrean Saat Mudik

Jika fasilitas seperti toilet tidak diperbanyak, maka dikhawatirkan akan menimbulkan antrean mengular dan menumpuk hingga berdampak pada arus lalu lintas di belakangnya.

“Jangan sampai kita dijatah 30 menit (di rest area) tapi karena toiletnya antre nya lama kan nggak cukup, di musala lama, makannya lama. Nah itu yang kemudian bisa lebih dari 1 jam,” kata Tulus.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *