SEA Games 2023 Momen Rio Fahmi Revans

SEA Games 2023 Momen Rio Fahmi Revans
Foto: dok.PSSI

VOTNews.com – SEA Games 2023 seolah menjadi momen tepat buat Rio Fahmi untuk revans. Ia tampil baik saat Timnas Indonesia U-22 menjungkalkan Filipina 3-0, Sabtu (29/4/2023).

Rio Fahmi sempat menjadi sasaran kritik dalam penampilan debutnya di SEA Games 2021 yang kira-kira digelar setahun sebelumnya pada Mei 2022. Saat itu Rio Fahmi yang main menjadi starter disebut-sebut sebagai biang kekalahan Timnas U-22 dengan skor 0-3 dari Vietnam di laga pembuka.

Pemain berposisi bek kanan menjadi kambing hitam dalam kekalahan telak Indonesia. Rio Fahmi memang nampak belum tune-in dengan pertandingan pada laga debutnya. Namanya pun sempat trending di media sosial.

Malahan Rio Fahmi dianggap bertanggung jawab terhadap terciptanya dua dari tiga gol yang dicetak Vietnam. Gol pertama Vietnam dicetak pada menit ke-53 oleh Nguyen Tien Linh karena kelengahan Rio Fahmi dalam menjaga pergerakan pemain lawan.

Bacaan Lainnya

Dung Nhan Manh yang berhasil masuk ke kotak penalti, kemudian melepaskan umpan tarik yang disambar Nguyen Tien Linh. Lalu, kapten Vietnam Dung Do Hung menggandakan keunggulan Vietnam menjadi 2-0 pada menit ke-73.

Kemudian, gol ketiga tim tuan rumah juga datang dari sisi kanan pertahanan Indonesia. Meski blunder dilakukan Fachruddin Aryanto, tapi gol tak sengaja dari Le Van Do tak terlepas dari minimnya gangguan dari Rio Fahmi.

Kini ‘debut’ keduanya di laga pembuka SEA Games 2023 berjalan manis. Jika pada edisi sebelumnya ia menjadi pesakitan, kini Rio Fahmi menjadi pahlawan dengan dua assisnya buat Timnas U-22 alias revans.

Gol-gol kemenangan Timnas U-22 dicetak oleh Marselino Ferdinan, Irfan Jauhari, dan Fajar Fathur Rahman. Gol pertama dan ketiga Timnas U-22 lahir dari assist Rio Fahmi.

“Saya senang bisa membantu teman saya mencetak gol dari dua assist yang saya berikan. Namun saya tidak mau terlarut dengan itu. Kemenangan Indonesia atas Filipina buat saya bisa terjadi karena kerja sama dan kerja keras seluruh pemain,” kata Rio Fahmi, dikutip dari laman Persija.

“Walaupun kami meraih tiga poin di laga pertama ini, tentu saja kami masih memiliki banyak hal yang harus dievaluasi. Perlu diingat, kemenangan ini baru saja permulaan bagi Timnas di ajang SEA Games. Insyaallah kami akan terus fokus untuk laga selanjutnya,” ujarnya.

Penampilan apiknya di Timnas U-22 menambah kesempurnaan kariernya akhir-akhir ini. Sebelumnya Rio Fahmi terpilih sebagai pemain muda terbaik Liga 1 2022 berkat penampilan apik dan konsistennya bersama Persija Jakarta.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *